Sudah
sering kita bahas bahwa gen motor lawas ini acapkali menipu biker era
sekarang. Bentuk klasiknya kadangkala diremehkan oleh pemotor yang hanya
menjustifikasi lewat casing. Namun…IWB tahu, bahwa mayoritas sikuda
besi telah mengalami perombakan total khususnya jeroan engine. Salah
satu contoh adalah Honda CB100 berikut ini….
Ajang Honda
biker Day 2011 berlangsung cukup sukses. Seluruh komunitas motoris
tumplek blek digunung yang terkenal keindahannya tersebut. Yup…gunung
Bromo mzbro. Gunung yang menyimpan panorama luar biasa. Disanalah IWB
bertemu serta berkenalan dengan biker dari berbagai penjuru tanah air.
Salah satunya bro Budi Prihatoro, biker berusia 28 tahun asal kota Solo
yang nunggang Honda CB100, motor klasik namun cukup menarik. Bukan
karena apa mzbro…CB-ne ki ketok apik pol . Keren dan gagah. Jiwa Blogger langsung meletup-letup membuat aksi interview serta ekplorasi lebih detil dilakukan…..
Honda CB 100
merupakan lansiran tahun 1980an. Secara desain, bro Budi menyukai bentuk
klasik sikuda besi. Namun bukan biker sejati kalau tangan tidak gatal.
Ingin membuatnya tampil beda, pria yang bernaung dibawah panji komunitas
CCC (CB-Cyber Community) ini meminta bantuan bengkel modifikasi
terkenal kota kelahirannya bernama Mac_law Custom bodywork. Ide dan
konsep dikeluarkan…..muncullah niat untuk merombak menjadi Supermoto
klasik atau Street Tracker. Dikerjakan oleh Mac_Law Custom, satu persatu
seluruh komponen asli ditanggalkan. Mulai dari suspensi, speedometer,
stang, lampu, lengan ayun, pelk, ban, headlamp dll….
Langkah demi
langkah dilalui. Ketelatenan membuahkan hasil yang memuaskan. Saat ini
CB-nya sudah mengadopsi headlamp custom variasi HD, stang Kitaco fatbar,
handgrip TDR, raiser stang AHRS, speedometer SIGMA BC, shockbraker
depan Kawasaki Ninja 150RR…belakang YSS, tromol depan Yamaha Champ
custom, pelk depan belakang TK, ban IRC Road Winner, tromol dan disk
belakang NSR 150R, swing arm CBR 150…wihhh wis pokoke IWB sampe
terbengong-bengong mendengar penuturannya. Part kelas tinggi semua mzbro
. Perjuangannya memang nggak mubazir. Sekarang Honda CB kesayangan
terlihat eye catching membuat mata siapapun tidak berkedip jika melintas
dijalanan. Semua makin sempurna akibat finishing modifikasi jempolan
dari sang modifikator. Apakah cukup sampai disitu??…
Tidak!!.
Tampang ganteng fisik kudu dibarengi performa mumpuni. Untuk urusan
engine, doi menggandeng ahli oprek engine ternama darÃ
Yogyakarta…..bernama Danang Cakra. Tahu siapa dia?? Danang Cakra adalah
mekanik yang memegang tim balap Honda racing Rinjani Motor. Ditangan
Danang…mesin standart CB akhirnya diturunkan. Penyegaran jerohan wajib
dilakukan supaya stamina sijaran besi segar dan sehat kembali. Pilihan
Danang jatuh pada engine Honda Tiger Revo. Piston, stang seher, klep,
karbu dan pernik-pernik lain simacan dijejalkan didalam mesin lawas CB.
Setelah bagian dalam sempurna, maka karbu direamer ulang…..
Urusan filter
bensin dan pengabut bahan bakar dipercayakan kepada merk Koso. Agar
mesin bisa teriak tinggi tanpa diganggu limiter….mereka memilih CDI BRT
Powermax Hyperband. Disinyalir…kini siCB mampu teriak hingga 12ribu RPM.
Bro Budi meminta penyetingan motor lebih kearah turing…alias torsi
badak ketika dirpm atas. Makanya jangan heran nafas engine gado-gado ini
bak atlit…panjang mzbro!!. “ 147,4 km belum mentok mz….” ujarnya sambil menunjukkan hasil recording speedonya. Busyetttt…..sampai disini aja IWB sudah domblong dan mlongo . Wis…..bisa sampeyan bayangkan PWR sikuda besi……..
CB adalah motor
yang sangat enteng. Bobot kurang dari 100KG….dikombinasi tenaga
simacan?? maut pastinya mzbro. Sebagai informasi…setelah dioprek, kini
kapasitas diplacement Honda CB100nya membengkak menjadi 210 cc….sadis
euy!!!. Terakhir….akhirnya IWB berkesempatan mencicipi power sikuda
besi. Dipermukaan berpasir Bromo…..penyaluran tenaga ternyata cukup
lembut namun menyimpan tenaga yang besar. Sekali betot…dengusan filter
racing dengan mudah membikin ban sliding. Juozzz!!. Sebuah modifikasi
brilian dengan tetap mempertahankan unsur klasik….
Last…bagi
penunggang CB diseluruh tanah air, semoga modifikasi yang dilakukan bro
Budi bisa menginspirasi brother sekalian. Tertarik konsultasi dengan
rumah modifikator siCB?? IWb cantumkan dikolom informasi bawah. So…bertemu dengan Honda CB dijalanan?? jangan terkecoh mzbro…sebab bisa jadi hanya casing doang. Tanya kenapa??…..(iwb)
Head lamp : Variasi HD
Stang : Kitaco fatbar
Handgrip : TDR
Slang rem F/R : TDR
Raiser Stang : AHRS
Speedo : Sigma BC
Shockbraker F : Ninja 150RR
Shockbraker R : YSS
Tromol depan/F : Yamaha Champ Custom
Disk depan/F : Kitaco
Velk F/R : TK Excel 2,15 x 17 & 2,50 x 17
Ban F/R : IRC Road Winner 110 & 130 (CBR150r)
Tanki : Yamaha DT
Tromol + Disk R : NSR 150R
Swing Arm : CBR 150
Stop Lamp : Variasi Polaris
Rantai + Gir : TK
Foot Step F : Yamaha Scorpio
Foot step R : Custom
Rangka : Diamond frame knock down
Spatboor F/R : Handmade
Filter karbu/bensin: Koso
Aki : Motobatt Gel
Mesin : Honda Tiger Revo (Tune up by Danang Cakra)
CDI : BRT Powermax hyperband
Knalpot : Cakra Exaust system
Total biaya : Estimasi 20-25 jutaan (Engine dan body)
Komunitas : CCC (CB-Cyber Community)
Email : Honda-CB-Indonesia@yahoogroups.com
Modified by : Mac_Law Custom Bodywork Solo
Contact Person : Hanang Sapto Aji/08122666026
sumber : http://iwanbanaran.com/2011/12/19/honda-cb100-lari-1474-kmjam-belum-mentok-busyettt/
0 komentar:
Posting Komentar