Anda pengunjung ke :

Asal Kota Pengunjung

Kamis, 11 Februari 2016

Mengatasi dan Mengenali Kerusakan Dini kendaraan Bermotor Saat Touring maupun Saat Perjalanan

Banyak rekan – rekan atau siapapun yang pada saat menempuh perjalanan dengan menggunakan kendaaraan roda 2 banyak mengalami kendala maupun keluhan yang tidak terduga sebelumnya dan kebanyakan orang menjadi panik menghadapi situasi seperti mogok, mati total, karbu masuk air, tiba – tiba berebet, kelistrikan tiba – tiba abnormal, atau malah motor oleng pada saat perjalanan padahal motor tidak membentur benda keras atau menghajar lubang besar.
Nah kali ini saya mencoba untuk membahas beberapa hal tersebut serta bagaimana mengantisipasi dan memperbaiki gejala – gejala tersebut sehingga perjalanan tetap nyaman dan bisa melanjutkan perjalanan. Saya akan mencoba membahas solusi dari masalah yang rekan – rekan alami secara bertahap dan semoga dapat membantu memecahkan masalah yang sering dialami oleh rekan – rekan sekalian.
Sebelum saya membahas masalah ini, mari kita pahami terlebih dahulu bagaimana prinsip dasar dari sebuah kendaraan bermotor. Saya disini membagi ke dalam 3 bagian dari kendaraan bermotor sederhana, pertama, bagian mesin/ engine, kedua bagian kelistrikan, dan yang ketiga bagian pengkabutan / karburator. Saya tidak akan membahas detail ketiga bagian tersebut karena saya tidak membahas masalah ini. Baik, kita langsung saja kepada pokok permasalahan yang akan kita bahas sekarang ini.

Pertama, di saat motor sedang enak dipakai, tiba – tiba motor mengalami gejala berebet, hal – hal yang harus diperhatikan diantaranya:
– Apakah gejala berebet ini disaat turun hujan atau setelah motor terkena hujan lebat? Apakah motor tiba – tiba berkurang tenaganya?
Jika iya, maka yang harus diperhatikan adalah, karburator dan busi serta koil. Cek apakah karburator terdapat air didalamnya atau tidak, perlu kita bongkar terlebih dahulu. Atau apabila benar – benar darurat, maka lakukan langkah – langkah sebagai berikut :
Nyalakan mesin dalam keadaan stationer atau apabila berebet, tahan gas agar mesin tidak sampai mati, lalu tutup moncong karbu dengan tangan dibarengi dengan menarik gas sampai mesin mau mati, setelah itu lepas tangan kita dari tutup moncong karbu tersebut sampai gas kembali besar dan mesin teriak. Lakukan langkah – langkah tersebut sampai karbu berfungsi normal.
Kemudian jika masih, maka cek busi serta kabel koil,apakah terdapat kebocoran arus yang menyebabkan arus busi menjadi lemah atau tidak.
– Apakah motor tiba – tiba berebet tanpa sebab apapun?
Cek bagian koil dan busi,mungkin busi yang lemah atau koil yang sudah usang. Jika tidak ada masalah, coba cek terlebih dahulu bagian CDI dan spull, kemungkinan kedua bagian ini bermasalah, cek arus nya dengan menggunakan kabel yang di jumper langsung dari cdi.

Kedua, Motor tiba – tiba oleng dan menyebabkan motor tiba2 berat sebelah
Hal yang harus di perhatikan disaat seperti ini adalah periksa bagian roda – roda, cek laher, cek tekanan angin di dalam ban. Biasanya motor tiba – tiba oleng tanpa sebab, bisa dari tekanan angin ban yang berkurang. Atau jika tekanan ban semua normal, periksa kebocoran oli shock dan cek laher – laher roda, jika menemukan bengkel terdekat segera diperiksa lebih lanjut dan ganti bila perlu

Ketiga, disaat motor sedang melaju normal, tiba – tiba gas tidak kembali normal lagi (gas tidak turun)
Hal yang perlu di cek adalah, biasanya didalam karburator terdapat air. Segera bongkar karbu, copot skep karbu dan bersihkan jika terdapat air didalamnya. Dan bawa ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut

Keempat, Motor melaju kencang namun getaran terasa hebat di bagian foot step dan jok motor
Jika hal ini dialami serasa gejala abnormal, segera berhenti dan periksa bagian oli mesin. Diamkan motor kurang lebih 5 menit dan posisikan kendaraan dengan standar 2, dan periksa ketinggian level oli, jika berkurang segera tambah atau ganti dengan oli yang baru.

Kelima, Motor bisa jalan normal,namun disaat tarik gas, motor serasa diam di tempat
Keadaan ini dimana kanvas kopling atau otomatis kopling yang sudah aus. Periksa kendaraan anda ke bengkel terdekat dan segera lakukan penggantian part tersebut jika dirasakan perlu untuk diganti.

Keenam, Setelah motor diisi bensin, tiba – tiba muncul gejala abnormal dan motor berebet serta tenaga berkurang
Hal ini dapat berpengaruh terhadap bensin yang baru kita isi, terutama premium. Coba cek kualitas bensinnya, jika darurat segera campur bensin dengan oktan yang lebih tinggi. Hal ini belum tentu bensin yang jelek kualitasnya,bisa juga karena pengaruh bensin atau tangki yang terdapat air sebelumnya. Untuk memastikan segera bawa ke bengkel terdekat untuk pemeriksaan lebih lanjut
               Sekian yang bisa saya share kepada rekan -rekan semua, semoga  bermanfaat….thank’s

 https://chibenkmotor.wordpress.com/education/mengenali-kerusakan-dini-kendaraan-bermotor/

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Design Blog, Make Online Money