Cara Modifikasi Mesin Turbo, ECU Dan LCP Mobil
RIZAKU.com – Modifikasi Mesin Turbo, ECU Dan LCP.
Anda pasti sering merasakan saat mobil yang anda kemudikan tidak mampu
berbuat banyak ketika harus menyalip kendaraan lain. Bahkan mobil yang
disalip itu sanggup berakselerasi lebih cepat daripada anda, padahal
secara teknis mobil yang anda kemudikan mempunyai mesin standard yang
lebih unggul. Anda dapat melakukan beberapa modifikasi mobil
yang dinilai efektif, berikut beberapa komponen yang dapat anda modif.
Tips lainnya yang mungkin bermanfaat untuk di ketahui adalah tips mengecek mesin mobil melalui oli.
Sistem Induksi Paksa
Perangkat ini merupakan komponen penting
yang biasa digunakan untuk mobil kompetisi. Sebuah unit induksi paksa
atau alat peningkat tenaga instan tersebut bekerja untuk memasukkan
tenaga lebih banyak ke dalam mesin, artinya uda ekstra sama dengan daya
lebih.
Ada dua jenis sistem induksi, yaitu
turbocharger dan supercharger. Perbedaan utamanya terletak pada pasokan
daya masing-masing. Jika supercharger bekerja dengan bantuan perputaran
kruk as di mesin, maka turbo didukung oleh aliran gas buang.
Langkah awal yang dapat anda lakukan
adalah mencari turbo yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda.
Caranya anda dapat membuka forum atau jika tidak berkonsultasi dengan
mekanik di bengkel langganan, upayakan menggali informasi sebanyak
mungkin agar dapat memilih turbo yang tepat dan sesuai bagi kendaraan
anda.
Di pasaran sendiri terdapat beberapa
merk turbo yang cukup ternama, sebuat saja merk Greddy, HKS, Apexi dan
Garret. Semuanya mempunyai spesifikasi yang berbeda. Makin besar angka,
biasanya untuk kapasitas mesin yang besar.
Engine Control Unit (ECU)
ECU adalah otak dari mesin, dan berguna
untuk memerintahkan mesin agar bekerja sesuai kondisi yang ada di
program ECU. Mesin ini membutuhkan banyak bahan bakar yang perlu
dibakar, seberapa cepat waktu dibakar, waktu pengapian, respon dari gas.
Dengan perangkat ECU ini, anda dapat
dengan mudah mengaturnya tanpa harus datang ke mekanik. Hal ini
bijaksana, tentu jika anda mempunyai pengetahuan yang cukup serta
perangkat lunak yang dapat mensettingnya.
Camshaft (Kruk As)
Setiap mobil mempunyai Lightened Prank
Pulleys (LCP) atau Crank Pulley. Komponen ini pada dasarnya adalah
sebuah roda di ruang dalam mesin sebagai penggerak alternator, pompa air
dan kompresor AC.
Beberapa komponen kecil dan ringan ini
merupakan salah satu bagian luar yang paling penting dari blok mesin.
Dan mempunyai dampener internal untuk dapat mengurangi transferan
getaran di mesin, serta mengurangi kerusakan pada pulley dan bagian
mesin lain secara keseluruhan.
0 komentar:
Posting Komentar